Merawat Saluran Sink Dapur

Tips, Tips Perawatan Rumah

Salah satu masalah yang sering terjadi di dapur adalah saluran pembuangan sink atau tempat cuci piring macet. Air jadi menggenang di sink dan tidak dapat mengalir dengan lancar melalui saluran pembuangan.

Penyebab hal ini terjadi adalah adanya sisa makanan dan lemak yang mengendap di dalam pipa leher angsa.

Hancurkan Lemak yang Tertumpuk

Jika saluran pembuangan Anda tidak menggunakan pipa leher angsa, Anda dapat menggunakan penghancur lemak. Anda dapat memerolehnya di swalayan.

Masukkan bubuk penghancur lemak tersebut ke dalam saluran pembuangan. Biarkan selama 30 menit agar lemak dan kotoran yang ada di dalam pipa dapat hancur. Setelah itu, siram saluran pembuangan dengan air panas untuk membersihkan pipa.

Bersihkan Saluran Leher Angsa

sifon-leher-angsa
Foto: anekamaju.com

Masalah ini dapat Anda atasi sendiri. Jika saluran pembuangan Anda memiliki bentuk leher angsa, Anda bisa membersihkan bagian penampungan kotorannya. Buka penampungan kotoran lalu bersihkan sampah yang ada di dalam pipa. Setelah semua kotoran dibuang, pasang kembali pipa tersebut.

Bersihkan Pipa

Jika kedua  cara tersebut tidak membuat saluran air Anda lancer kembali, ada kemungkinan pipa pembuangan Anda sedang tersumbat. Oleh karena itu, cobalah untuk memasukkan kawat ke dalam pipa. Periksa apakah ada yang menyumbat saluran pembuangan Anda.

Agar Tidak Terulang

Untuk mencegah hal ini terjadi lagi, sebaiknya Anda memisahkan dampah padat bekas makanan ke tempat sampah. Untuk sampah-sampah yang berukuran kecil, gunakan penyaring di lubang pembuangan sink. Dengan menggunakan penyaring, kotoran akan terkumpul dan Anda dapat membuangnya dengan mudah.

Selamat mencoba!


Post Your Thoughts